Chatime (Starbucks dari Asia)
Halo! pada kesempatan kali ini Saya akan membahas perusahaan f&b yang sudah tidak asing lagi di kalangan kawula muda. Sesuai dengan judul blog ini, Saya akan membahas minuman teh otentik asal Taiwan yaitu Chatime.
Chatime merupakan perusahaan yang bergerak di industri food & beverages dan merupakan franchise teh dari Taiwan yang menawarkan pengalaman teh yang paling otentik di dunia dan dengan cepat dikenal menjadi spesialis teh segar. Didirikan di Taiwan pada tahun 2003, Chatime merupakan franchise internasional dengan lebih dari 1000 outlet di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat, Australia, Hongkong, Cina, Filipina, Macau, Korea, dan Indonesia.
Setiap harinya Chatime melayani lebih dari 400.000 pelanggan Chatime pertama kali dibuka di Indonesia pada tahun 2011 dan merupakan bagian dari grup Kawan Lama Sejahtera dengan nama PT Food Beverage Indonesia sekaligus menjadi sister company dari gerai Ace Hardware dan Toys Kingdom. Chatime telah berkembang dengan cepat menjadi 105 outlet pada bulan April 2015 di kota – kota besar Indonesia termasuk Jabodetabek, Cikarang, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Medan, Pontianak, Jambi, Palembang, Makassar, dan Manado.
Sejarah Chatime Indonesia
Chatime pertama kalinya masuk ke Indonesia pada Februari 2011 dengan mengambil lokasi di Alam Sutera. Konsep dari Chatime adalah “Good Tea Good Time” di mana minuman ini sesuai dengan cita rasa yang digemari mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Chatime Indonesia bukanlah satu-satunya perusahaan minuman varian teh dengan campuran toping yang berada di Indonesia. Semakin banyaknya persaingan di bidang minuman, mendorong Chatime Indonesia melakukan inovasi dengan menawarkan keunggulan yang berada diantara para pesaing lainnya agar Chatime Indonesia dapat bertahan dalam pesaing bisnisnya.
Tentang PT Food Beverages Indonesia
Kawan Lama Group telah berdiri sejak tahun 1955 dan sampai saat ini sudah memiliki beberapa bidang usaha yang bergerak dalam sektor Retail, Industrial, Food and Beverage, Service, Properti dan E-commerce. Selama lebih dari setengah abad, Kawan Lama terus tumbuh dan berkembang hingga menaungi lebih dari 40.000 karyawan.
Visi Kawan Lama Group lebih dari sekedar bisnis keluarga, namun kami merupakan bisnis untuk keluarga. Misi kami membawa nilai-nilai untuk kehidupan yang lebih baik melalui pengembangan bisnis dan pertumbuhan yang berkesinambungan.
- Pembuatan member Chatime, dengan membuat member Chatime senilai 10 ribu rupiah, maka setiap kali pelanggan membeli produk senilai 5 ribu rupiah akan mendapatkan 1 poin, itu berlaku juga untuk kelipatannya. Apabila sudah terkumpul 50 poin, maka pelanggan berhak mendapatkan 1 gelas regular secara gratis dari Chatime untuk semua rasa. Selain itu untuk member yang berulang tahun pada hari itu akan mendapatkan potongan harga 10 ribu rupiah untuk sekali transaksi.
- Media Sosial, untuk strategi pemasaran Chatime yang kedua adalah melalui Media sosial yang dibuat resmi oleh Chatime pada Februari 2011. Media sosial yang dibuat resmi oleh Chatime adalah Twitter, Instagram, dan Facebook.
Pelanggan dapat memesan Chatime melalui fitur Order, dimulai dengan menentukan jenis pesanan yaitu melalui Delivery (pesanan dikirim menggunakan jasa antaryang bekerjasama dengan Chatime) atau Pick Up (pesanan diambil langsung di gerai Chatime), menentukan waktu pemesanan, dan memilih lokasi gerai terdekat. Pelanggan bisa menikmati lebih dari 60 menu minuman yang dapat disesuaikan dengan varian topping, ukuran gelas, hingga takaran gula dan es.
Transaksi menggunakan Chatime Indonesia App juga bebas antre, karena pelanggan dapat melihat nomor antrean pesanan di toko yang dipilih melalui fitur Your Order Queue, dan didukung dengan pilihan pembayaran non tunai seperti Bank Transfer, E-Payment (Gopay dan OVO), atau kartu kredit. Rangkaian transaksiini meminimalisir kontak secara langsung (contactless transaction) sehingga mendukung keamanan berbelanja di masa kebiasaan baru, disamping protokol kebersihan dan kesehatan untuk pelanggan dan karyawan yang diterapkan di seluruh gerai Chatime.
Manfaat lebih dari Chatime Indonesia App adalah fitur yang memungkinkan Member Special Tea untuk mengakses kartu membernya melalui aplikasi ini secara digital, sehingga Member tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan mendapatkan Pointea (point rewards dari transaksi di Chatime) karena lupa membawa kartu member fisik, atau melakukan pemesanan lewat jasa online delivery, dan dapat lebih aktif lagi mengumpulkan Pointea yang dapat ditukarkan dengan minuman gratis atau merchant.
Demikianlah pembahasan tentang Chatime Indonesia (PT Food Beverages Indonesia) dari Saya. Semoga bermanfaat! :)
Comments
Post a Comment