Chatime (Starbucks dari Asia)

Halo! pada kesempatan kali ini Saya akan membahas perusahaan f&b yang sudah tidak asing lagi di kalangan kawula muda. Sesuai dengan judul blog ini, Saya akan membahas minuman teh otentik asal Taiwan yaitu Chatime.

    Chatime merupakan perusahaan yang bergerak di industri food & beverages dan merupakan franchise teh dari Taiwan yang menawarkan pengalaman teh yang paling otentik di dunia dan dengan cepat dikenal menjadi spesialis teh segar. Didirikan di Taiwan pada tahun 2003, Chatime merupakan franchise internasional dengan lebih dari 1000 outlet di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat, Australia, Hongkong, Cina, Filipina, Macau, Korea, dan Indonesia. 

    Setiap harinya Chatime melayani lebih dari 400.000 pelanggan Chatime pertama kali dibuka di Indonesia pada tahun 2011 dan merupakan bagian dari  grup Kawan Lama Sejahtera dengan nama PT Food Beverage Indonesia sekaligus menjadi sister company dari gerai Ace Hardware dan Toys Kingdom. Chatime telah berkembang dengan cepat menjadi 105 outlet pada bulan April 2015 di kota – kota besar Indonesia termasuk Jabodetabek, Cikarang, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Medan, Pontianak, Jambi, Palembang, Makassar, dan Manado.


Sejarah Chatime Indonesia

    Chatime pertama kalinya masuk ke Indonesia pada Februari 2011 dengan mengambil lokasi di Alam Sutera. Konsep dari Chatime adalah “Good Tea Good Time” di mana minuman ini sesuai dengan cita rasa yang digemari mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Chatime Indonesia bukanlah satu-satunya perusahaan minuman varian teh dengan campuran toping  yang berada di Indonesia. Semakin banyaknya persaingan di bidang minuman, mendorong Chatime Indonesia melakukan inovasi dengan menawarkan keunggulan yang berada diantara para pesaing lainnya agar Chatime Indonesia dapat bertahan dalam pesaing bisnisnya. 

 Tentang PT Food Beverages Indonesia

    Kawan Lama Group telah berdiri sejak tahun 1955 dan sampai saat ini sudah memiliki beberapa bidang usaha yang bergerak dalam sektor Retail, Industrial, Food and Beverage, Service, Properti dan E-commerce. Selama lebih dari setengah abad, Kawan Lama terus tumbuh dan berkembang hingga menaungi lebih dari 40.000 karyawan.

    Visi Kawan Lama Group lebih dari sekedar bisnis keluarga, namun kami merupakan bisnis untuk keluarga. Misi kami membawa nilai-nilai untuk kehidupan yang lebih baik melalui pengembangan bisnis dan pertumbuhan yang berkesinambungan.

    Tenaga kerja di Kawan Lama mengusung nilai "I AM ELITE" yakni selalu unggul dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Kawan Lama Group juga berpartisipasi aktif dalam membangun bangsa melalui Corporate Social Responsibility. 

    Kawan Lama Group yang bergerak di bidang Food and Beverages melalui PT Food Beverage Indonesia merupakan pemain baru dalam bisnis bubble tea 'Chatime'. cukup banyak brand dan jenis yang nyaris sama menggeluti usaha ini. Bahkan, tidak jarang bubble tea dijajakan bersamaan dengan aneka minuman lainnya di dalam satu gerai. Namun, yang ditawarkan Chatime kepada konsumen adalah hal revolusioner ketimbang jenis bubble tea yang telah lebih dulu hadir.

    Direktur Operasi PT Food Beverages Indonesia yaitu Feronia Wibowo, generasi ketiga keluarga pendiri Grup Kawan Lama, tersampir tanggung jawab untuk membesarkan Chatime, merek bubble tea asal Taiwan. Dari hasil jerih payahnya. Saat ini Chatime Indonesia berkembang pesat hingga mencapai ratusan gerai dan menaungi ribuan karyawan yang tersebar di puluhan kota di seantero Indonesia. Bahkan, jumlah pelanggan terdaftarnya kini hampir mendekati satu juta anggota.

Pilihan Menu di Chatime
    Dalam proses penyajian minuman, Chatime menggunakan daun teh pilihan yang diolah menggunakan brewing machine terbaru. Mengadopsi konsep penyajian customized drink, pelanggan Chatime dapat menentukan sendiri jenis topping dan takaran gula, serta es yang diinginkan. Chatime juga selalu berinovasi dengan menghadirkan menu terbaru.


    Adapun sajian minuman Chatime juga bisa di nikmati dengan tambahan ragam pilihan toppping, meliputi Pearl, Pudding, Grass Jelly, Rainbow Jelly, Red Bean, Aloe Vera, Coconut Jelly, Coffee Jelly, dan Mousse.

Strategi Chatime
  • Pembuatan member Chatime, dengan membuat member Chatime senilai 10 ribu rupiah, maka setiap kali pelanggan membeli produk senilai 5 ribu rupiah akan mendapatkan 1 poin, itu berlaku juga untuk kelipatannya. Apabila sudah terkumpul 50 poin, maka pelanggan berhak mendapatkan 1 gelas regular secara gratis dari Chatime untuk semua rasa. Selain itu untuk member yang berulang tahun pada hari itu akan mendapatkan potongan harga 10 ribu rupiah untuk sekali transaksi.
  • Media Sosial, untuk strategi pemasaran Chatime yang kedua adalah melalui Media sosial yang dibuat resmi oleh Chatime pada Februari 2011. Media sosial yang dibuat resmi oleh Chatime adalah Twitter, Instagram, dan Facebook. 
Chatime Indonesia Mobile App
    Direktur Chatime Devin Widya Krisnadi mengatakan Chatime berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi baru bagi pelanggan, baik dalam produk maupun layanan.Chatime menghadirkan layanan terbaru untuk pelanggan mendapatkan produk Chatime kapan dan dari mana saja secara mudah, aman, dan tanpa antre melalui Chatime Indonesia App. Mulai September 2020, layanan ini sudah bisa dinikmati oleh pelanggan Chatime di seluruh Indonesia. Chatime Indonesia App merupakan sebuah layanan dengan menggabungkan kebutuhan belanja milenial yang merupakan pelanggan terbesar Chatime, di antaranya cara belanja yang praktis kapan dan dari mana saja, bebas antre, transaksi yang mudah menggunakan non tunai, dan berbasis teknologi.



    Pelanggan dapat memesan Chatime melalui fitur Order, dimulai dengan menentukan jenis pesanan yaitu melalui Delivery (pesanan dikirim menggunakan jasa antaryang bekerjasama dengan Chatime) atau Pick Up (pesanan diambil langsung di gerai Chatime), menentukan waktu pemesanan, dan memilih lokasi gerai terdekat. Pelanggan bisa menikmati lebih dari 60 menu minuman yang dapat disesuaikan dengan varian topping, ukuran gelas, hingga takaran gula dan es.

    Transaksi menggunakan Chatime Indonesia App juga bebas antre, karena pelanggan dapat melihat nomor antrean pesanan di toko yang dipilih melalui fitur Your Order Queue, dan didukung dengan pilihan pembayaran non tunai seperti Bank Transfer, E-Payment (Gopay dan OVO), atau kartu kredit. Rangkaian transaksiini meminimalisir kontak secara langsung (contactless transaction) sehingga mendukung keamanan berbelanja di masa kebiasaan baru, disamping protokol kebersihan dan kesehatan untuk pelanggan dan karyawan yang diterapkan di seluruh gerai Chatime.

    Manfaat lebih dari Chatime Indonesia App adalah fitur yang memungkinkan Member Special Tea untuk mengakses kartu membernya melalui aplikasi ini secara digital, sehingga Member tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan mendapatkan Pointea (point rewards dari transaksi di Chatime) karena lupa membawa kartu member fisik, atau melakukan pemesanan lewat jasa online delivery, dan dapat lebih aktif lagi mengumpulkan Pointea yang dapat ditukarkan dengan minuman gratis atau merchant.


Demikianlah pembahasan tentang Chatime Indonesia (PT Food Beverages Indonesia) dari Saya. Semoga bermanfaat! :)


Chatime Indonesia App sebuah layanan dengan menggabungkan kebutuhan belanja milenial yang merupakan pelanggan terbesar Chatime, di antaranya cara belanja yang praktis kapan dan dari mana saja, bebas antre, transaksi yang mudah menggunakan non tunai, dan berbasis teknologi 
Direktur Chatime Devin Widya Krisnadi mengatakan Chatime berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi baru bagi pelanggan, baik dalam produk maupun layanan.
Direktur Chatime Devin Widya Krisnadi mengatakan Chatime berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi baru bagi pelanggan, baik dalam produk maupun layanan.


Comments